Maen Internet Yuk!

News, Opinion, Tips & Trick Blogging, Tips Internet, Review, dll

Subscribe Maeninternet.blogspot.com

Konfigurasi Proxifier untuk GPass

Posted by NetAddicted on Monday, September 29, 2008

Pada kesempatan ini saya mencoba mengulas cara konfigurasi Proxifier untuk mempermudah koneksi internet/browsing kita. Maklum biasanya kalo internetnya gratisan kan musti set proxy sana-sini males banget, set proxy Your Freedom lah, GPass lah, UltraSurf lah.. Kali ini saya beri contoh konfigurasi Proxifier untuk koneksi menggunakan GPass.

Mungkin beberapa dari kita sudah akrab dengan software bernama Proxifier. Ya, Proxifier adalah sebuah program yang memungkinkan semua program network/jaringan yang tidak mempunyai setingan proxy menjadi dapat beroperasi menggunakan proxy baik HTTPS maupun SOCKS. Dengan Proxifier, semua software baik browser, chat client, maupun game yang mungkin tidak ada setingan proxy nya, menjadi bisa tersambung ke internet melalui proxy tanpa harus melakukan konfigurasi di masing-masing software tersebut. Proxifier dapat didownload di website resminya http://www.proxifier.com/download.htm
atau apabila anda seorang penganut Warez mania, silakan sedot di File Server Saya (hehehe...)

Mengenai GPass, silakan dilihat di website nya www.gpass1.com. Lain kali saya akan menuliskan artikel tentang GPass di blog ini. Untuk download GPass silakan menuju URL berikut: http://gpass1.com/gpass/download-en

Baiklah, langsung masuk pada pokok bahasan konfigurasi/setting Proxifier untuk GPass, setelah anda menginstal GPass dan Proxifier di komputer anda, selanjutnya lakukan langkah2 berikut:

:: Jalankan Proxifier, lalu klik icon menu "Proxy Setting" (icon paling kiri), klik tombol "add" untuk menambahkan proxy server, isikan "localhost" pada Address, dan "8000" pada Port, serta pilih SOCKS v5 pada Protocol. Untuk lebih jelasnya klik dan liat thumbnail Gambar_1 berikut:

setting/konfigurasi Proxifier untuk GPass 1Gbr_1. Proxifier - Proxy Setting

Kenapa diisi 'localhost:8000'? Karena GPass bertindak sebagai socks-proxy di komputer anda (localhost) di port 8000.

[klik "ReadMore" untuk melanjutkan baca]

:: Setelah selesai menambahkan proxy, langkah berikutnya adalah mengedit "Proxification Rules", dimana kita akan menyetting agar koneksi GPass tidak masuk ke Proxifier. Caranya yaitu klik icon menu "Proxification Rules" (icon ke-2 dari kiri). Kemudian klik "add", lalu isikan 'GPass' pada "RuleName", klik "add" lagi dan browse menuju ke file GPass.exe anda. Kalo udah, tampilannya kira2 akan seperti Gambar_2 berikut: (klik dan liat thumbnail Gbr_2)

setting/konfigurasi Proxifier untuk GPass 2Gbr_2. Proxification Rules

:: Setting DNS (optional), langkah ke tiga ini tidak wajib dilakukan, saya mencantumkannya sebagai pengetahuan saja, siapa tau diperlukan. Tujuannya adalah untuk memilih apakah kita ingin menggunakan DNS local (biasanya DNS pada dialup/ISP kita) atau ingin menggunakan DNS pada Remote Server (dalam hal ini DNS di server GPass). Caranya adalah klik icon menu "Name Resolution" (icon ke-3 dari kiri). Kita coba pilih 'Try locally then remotely' sehingga kita menyuruh Proxifier untuk mencoba DNS local dan bila gagal akan digunakan DNS remote.
Untuk lebih jelasnya, klik dan lihat thumbnail Gambar_3 berikut:

setting/konfigurasi Proxifier untuk GPass 1Gbr_3. Setting DNS Proxifier

-- OKay selesai sudah, sekarang mari kita coba jalankan GPass dan Proxifier bersama2. Lalu cobalah buka browser, mirc, YM, mail client, kalian, jangan lupa buang dulu setingan proxy di masing2 software tersebut karena semuanya akan otomatis terproksifikasi oleh Proxifier.

Kurang lebihnya nampak seperti pada gambar berikut, dimana saya menjalankan YM (yahoomessenger) menggunakan proxifier+GPass dengan koneksi internet gratis gprs dari salah satu provider seluler di Indonesia, xixixixi....

Gbr_3. Proxifier+GPass+YM in action
Selamat mencoba!

Bagi yang belum berhasil, saya menyediakan file setingan Proxifier yang dapat didownload di:
http://pejantan.110mb.com/files/pf-gpass.prx
Setelah didownload, file ini dapat diLoad dengan software Proxifier dan dapat langsung digunakan untuk koneksi Proxifier untuk GPass tanpa perlu setingan lebih lanjut.

7 comments:

Anonymous said...

OM.. masih blom bisa jalan tuh Proxifier untuk GPassnya trus
utk ke url http://pejantan.110mb.com/files/pf-gpass.prx jg gak bs dibuka

tolong donk ( please..)gmn supaya berhasil
kirimin ke dl_xyz@yahoo.co.id

Anonymous said...

Kok file pf-gpass.prx gk bisa d load ya...?????
gmn dong ..... :(

Anonymous said...

Kalau yang awam gimana nih..
pake provider atau operataor apa nih...
Gak jelas ...makanya gak pernah update
Ok kirim secara pribadi buat aku di kucir007@yahoo.com
Thanksssssssssssssssssssssss

Anonymous said...

gpass ga jalan kalo koneksi lewat server yg cuman buka hanya satu port 8080 ya mas? kalo bisa tolong diberi pencerahan, tks

Anonymous said...

skrg filenya dah g ada tuch... isinya berita semoa...klo buat link yg bener aja dooonk...!!! linknya dah kadaluarsa...g pcaya..?? coba dicek..!!!

Anonymous said...

cara seting di mozzila giman gan???

Anonymous said...

Bos... aq kan org awam jadi gak ngerti itu proxyfier, ngomong2 bs diberi pencerahan gak dan settingannya

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)